BAHASA INDONESIA TEMA 9
Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau
mempromosikan suatu barang atau jasa
Iklan biasanya terdapat dalam media cetak seperti Koran dan majalah atau
melalui media elektronik seperti radio, televise dan internet
Iklan elektronik dibedakan menjadi 3 yaitu :
1. Iklan Radio
Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif ( daya tarik ). Artinya
radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa
pendengarnya.oleh karena itu iklan radio harus memiliki karakteristik dan
ciri khas.
2. Iklan Televisi
Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi . iklan televisi
memiliki karakteristik karena dapat dilihat dan didengar sehingga dapat
menarik perhatian dan mnegesankan
3. Iklan Internet
Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Iklan
internet ada yang hanya bisa didengar dan skaligus dilihat. Iklan internet
mampu meningkatkan kapasitas dan perputaran informasi. Melalui internet
informasi dapat disampaikan secara dramatisir dan interaktif.
Paparan iklan mellui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu yang sesuai
dengan konsep produk yang diiklankan.musik dan efek suara dalam iklan
radio diciptakan untuk mendukung suasana pada scenario
Paparan iklan melalui televise diawali dengan membuat rancangan.
Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita setelah itu barulah dibuat di
rumah produksi
Paparan iklan melalui internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini
yang tersebar pada halaman web
Manfaat iklan adalah agar orang tertarik untuk membeli dan menggunakan
barang dan jasa yang ditawarkan
Unsur – unsur iklan antara lain :
1. Nama produk
2. Gambar yang menarik
3. Kalimat iklan
4. Keunggulan produk
5. Harga produk
6. Nomor telepon
7. Alamat pengiklan
Ciri – ciri bahasa dalam membuat iklan media cetak :
1. Bahasa singkat, padat dan jelas
2. Bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti
3. Menggunakan kata konotasi positif
4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas dan menarik
Televisi termasuk media audio visual yang berfungsi untuk menghibur,
mendidik serta memberi informasi
Radio dikenal sebagai media audio yang berfungsi untuk sarana penerangan,
pendidikan, hiburan dan sarana propaganda
Melalui internet sarana promosi atau iklan dapat menjangkau wilayah yang
sangat luas dengan biaya murah.
Unsur- unsur iklan elektronik :
1. Perhatian ( Attention )
2. Minat ( Interest )
3. Keinginan ( Desire )
4. Rasa Percaya diri ( Conviction )
5. Tindakan ( Action )
Tujuan iklan yaitu :
1. Memberitahukan kepada khalayak ramai
2. Mengajak seseorang untuk membeli atau menggunakan suatu produk
3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.
4. Memberi informasi
5. Menarik khalayak ramai
Ciri – ciri iklan yang baik
1. Informative = memberikan informasi
2. Komunikatif
3. Bahasa singkat dan padat
4. Menarik
5. Persuasif = memberikan pengaruh
Bentuk iklan bermacam-macam yakni :
a) Iklan Baris ( iklan Mini )
Yaitu iklan kecil ( singkat ) berisi penawaran informasi tentang sesuatu yang
terdiri atas beberapa baris saja
Ciri – ciri iklan baris yaitu :
a) Terdiri dari 2 sampai 3 baris
b) Dikelompokan sesuai dengan jenisnya
c) Berupa kalimat-kalimat pendek
d) Dilengkapi dengan gambar ukuran kecil ( tidak berwarna )
e) Dilengkapi nomor telpon penjual
f) Tidak menggunakan ilustrasi grafis
g) Biaya murah
*CONTOH IKLAN BARIS
b) Iklan kolom
Yaitu iklan yang pemuatanya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari
halaman surat kabar
Ciri – ciri iklan kolom yaitu :
a) Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata
b) Ukuranya lebih besar
c) Berisi penawaran, ajakan dan rayuan untuk membeli produk
*CONTOH IKLAN KOLOM
Berdasarkan isinya iklan dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
1) Iklan pengumuman atau pemberitahuan
Adalah iklan yang bertujuan untu menarik khalayak ramai, misalnya iklan
duka cita
2) Iklan penawaran ( Niaga )
Adalah iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu misalnya barang
3) Iklan layanan masyarakat
Adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu
hal misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok ditempat
umum dll
Unsur – unsur iklan :
Iklan televisi dan internet : suara, gambar, gerak dan tulisan
Iklan radio : suara
Iklan pemilu termasuk kedalam iklan politik
Kelebihan dan kelemahan iklan radio :
Kelebihan iklan radio
a) Biaya lebih murah
b) Mudah diterima semua kalangan
c) Memiliki jangkauan yang luas
d) Cepat dalam penyebaran informasi
e) Mudah di bawa kemana-mana
Kelemahan iklan radio
a) Waktunya terbatas
b) Tidak dapat menampilkan gambar
c) Sulit menyampaikan pesan yang kompleks
Kelebihan dan kekurangan iklan internet :
Kelebhan iklan internet
a) Biaya lebih murah
b) Rendah resiko
c) Lebh menarik
d) Iklan dapat dilihat orang seluruh dunia
Kelemahan iklan radio
a) Iklan hanya bisa terhubung dengan internet
b) Kurangnya jangkauan internet di suatu daerah
c) Harus menggunakan laptop, computer atau HP
Iklan radio dibuat dengan cara merekam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar