Senin, 01 November 2021

PGP - Angkatan 2 - Balikpapan - Yunita Ramadhani - Aksi nyata Paket Modul 3.3

 


MAKELDUD (Mading Kelas Dua Dimensi) MENAMBAH MINAT BACA SISWA


A.    Latar Belakang Masalah

Program Makeldud merupakan program yang berdampak pada murid. Makeldud merupakan sebuah akronim dari Mading Kelas Dua Dimensi. Kegiatan makeldud merupakan program yang bisa diintergrasikan dengan muatan pembelajaran yang ada di sekolah.

Kurangnya minat baca anak. Selain itu jiwa kreatifitas, rasa percaya diri, rasa kebersamaan dengan teman, anak-anak juga berkurang, juga kemampuan kognitif (berpikir), afektif (watak&perilaku), dan psikomotorik berkurang. Dikarenakan lamanya anak tidak turun sekolah disebabkan oleh pandemi covid-19. Menjadi perhatian penulis untuk bisa membangkitkan semangat siswa-siswi disekolah. Sehingga membuat  penulis untuk mencari program yang bisa membuat anak kembali lagi mencintai budaya membaca, menambah jiwa kreatifitas mereka, menambah kepercayaan diri, dan bisa melakukan kerjasama dengan teman lainnya, diharapkan juga kedepannya anak bisa terlatih untuk bisa menulis, juga meningkatnya kemampuan kognitif (berpikir), afektif (watak&perilaku), dan psikomotorik, selain itu belajar berorganisasi dan menjadi pemimpin.

Program yang direncanakan merupakan program yang berdampak pada murid, yang kedepannya bisa menjadi pengalaman bagi anak dan menjadi program rutin di sekolah.


B.  Jenis Kegiatan

Kegiatan yang dilakukan berdampak pada siswa adalah MAKELDUD (Mading Kelas Dua Dimensi).


C.  Tujuan dan Sasaran

Tujuan dari kegiatan MAKELDUD adalah melatih anak untuk lebih mencintai literasi, menambah pengetahuan anak, membuat anak lebih kreatif, melatih anak berorganisasi, melatih anak dalam hal menulis, melatih anak untuk bisa kerjasama dengan temannya, dan melatih anak lebih percaya diri. Selain itu juga mengembang kemampuan kognitif (berpikir), afektif (watak&perilaku), dan psikomotorik. Dengan tujuan yang didapat dari program MAKELDUD, sehingga kegiatan ini sangat baik untuk kita laksanakan.

Sasaran pelaksanaan kegiatan ini adalah siswa kelas Vb di SD Negeri 018 Balikpapan Tengah sebanyak 21 orang. Semoga kedepannya semua murid kelas tinggi yang ada di SDN 018 Balikpapan Tengah.


D.   Manfaat Kegiatan

Manfaat penulisan pratik baik  dari kegiatan MAKELDUD adalah :

1.      Melatih anak untuk lebih mencintai literasi.

2.      Menambah minat baca

3.      Menambah pengetahuan anak.

4.      Membuat anak lebih kreatif.

5.      Melatih anak berorganisasi.

6.      Melatih anak dalam hal menulis.

7.      Melatih anak untuk bisa kerjasama dengan temannya.

8.      Melatih anak lebih percaya diri.

9.      Mengembang kemampuan kognitif (berpikir), afektif (watak&perilaku), dan psikomotorik.


E.           Hasil AKSI NYATA

Hasil yang dapat dilaporkan dari praktik baik ini diuraikan sebagai berikut:

1.             Meminta izin kepada kepala sekolah untuk program kegiatan yang berdampak pada murid. Kegiatan Makeldud direncanakan akan dilaksanakan sebulan sekali.


2.             Program dilaksanakan secara luring, pada saat anak turun ke sekolah, karena sudah diizinin anak bersekolah dengan pertemuan tatap muka terbatas.

3.             Program makeldud dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas 5b SDN 018 Balikpapan Tengah.

4.             Kegiatan makeldud dilakukan dengan cara membagi 2 kelompok dari jumlah siswa-siswi yang ada di sekolah.

5.            Setiap kelompok menentukan sendiri tema yang akan mereka angkat menjadi madingnya. Dengan cara musyawarah antar kelompok dan dilanjutkan lagi di wa group kelompoknya.

6.           Pembagian tugas untuk pembuatan materi yang sesuai tema didiskusikan anak lewat wa group. 

                                                               

7.            Bahan untuk materi dekorasi mading disiapkan anak dari rumah dan disekolah guru juga sudah menyiapkan bahan lain untuk dekorasi makeldud.

8.       Waktu pelaksanaan dijadikan dua kali. Kelompok pertama dilaksanakan pada tanggal 19-10-2021 dan kelompok kedua melaksanakan kegiatannya pada tanggal 25-10-2021. 

9.             Waktu pelaksanaannya pada saat anak tatap muka di sekolah.

10.         Semua anak saling bekerjasama dan saling membantu dalam membuat mading tersebut. Ada yang menggunting, ada yang mengelem, dan ada juga yang mendekorasi.

11.         Hasil karya anak berupa mading diminta ibu kepala sekolah untuk ditempel di papan mading sekolah, secara bergantian ditampilkannya.

  





        



F.   Perasaan Ketika atau Setelah Menjalankan Aksi Nyata

            Kegiatan membuat makeldud merupakan kegiatan pertama bagi anak didik kami. Perasaan sangat bahagia karena kegiatan ini direspon baik bukan hanya dari anak sendiri tetapi juga dari pihak sekolah dan orang tua murid yang mendukung kegiatan makeldud. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang berdampak positif bagi anak didik. 


G.           Pembelajaran Yang Didapat dari keseluruhan pelaksanaan Aksi Nyata 

Banyak sekali pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan Akis nyata ini. Ada masalah dan juga keberhasilan. Semua menjadi satu cerita yang sangat menarik.

Masalah yang dihadapi saat melakukan aksi nyata dan menjadi sebuah pembelajaran adalah siswa masih baru dalam kegiatan ini. Sehingga pembuatan makeldud ini merupakan pengalaman pertama mereka. Awalnya mereka masih malu memberikan ide dan pendapat, karena sudah lama mereka sesama teman sekelas tidak saling menyapa, jadi seperti teman baru lagi. Disebabkan karena adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan anak didik melakukan pembelajaran secara daring.

Keberhasilan yang didapat saat melaksanakan kegiatan aksi nyata adalah terwujudnya satu persatu manfaat dari adanya kegiatan makeldud bagi anak didik yang ada di Sekolah. Seperti anak  sudah mulai lebih mencintai literasi, anak menjadi lebih tahu tentang tema yang diangkat, anak menjadi lebih kreatif, anak mulai belajar berorganisasi, anak mulai belajar dalam hal menulis, anak dapat  kerjasama dengan temannya, dan melatih anak lebih percaya diri. Selain itu juga mengembang kemampuan kognitif (berpikir), afektif (watak&perilaku), dan psikomotorik. Minat baca anak mulai tumbuh terlihat dari makeldud yang di pajang papan mading, dibaca oleh anak. 


H.    Rencana Perbaikan Untuk Pelaksanaan di masa Depan

Yang harus diperbaikin di masa depan adalah sasarannya agar lebih diperluas bukan hanya anak kelas 5b saja yang menjadi sasaran. Tetapi juga semua anak kelas tinggi (kelas 4, 5,6 ) yang ada di SDN 018 Balikpapan Tengah. Selain itu makeldud ini bisa menjadi kegiatan yang konsisten dilaksanakan dan menjadi budaya di SDN 018 Balikpapan Tengah.

Agar murid lain juga mau melaksanakan makeldud jadi harus sosialisasi tentang kegiatan makeldud. Memberikan penjelasan tentang makeldud dan tahapan pembuatannya. Selain itu agar timbul rasa percaya diri pada anak, dengan memberikan semangat dan dukungan bahwa mereka bisa membuat mading hasil karyanya mereka sendiri. 


I.             KESIMPULAN

Kegiatan Makeldud merupakan kegiatan yang berdampak pada murid. Dimana sebagai calon guru penggerak harus terus berusaha melakukan aksinya secara konsisten. Semua itu dilakukan agar tercipta pembelajaran yang berdampak pada murid yang menyenangkan sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman anak. Sehingga nantinya terwujud Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan siswa-siswi di SDN 018 Balikpapan Tengah


 J.    DOKUMENTASI KEGIATAN MAKELDUD KELOMPOK 1 (TEMA KOTA BALIKPAPAN)

Anak membuat puisi dan menghiasi sebagai bahan materi di makeldud


Anak menggunting gambar-gambar tentang Kota Balikpapan


Anak saling bekerjasama membuat hiasan makeldud


            Anak mulai berkreasi dengan madingnya, guru hanya sebagai pendamping dalam kegiatan makeldud 


Anak berkreasi bersama-sama untuk menghiasi makeldud sesuai kreatifitas anak


   Hasil makeldud kelompok satu dengan Tema Kota Balikpapan


 K.    DOKUMENTASI KEGIATAN MAKELDUD KELOMPOK 2 (TEMA TANAMAN OBAT)



Anak menggunting, mengelem gambar, mewanai gambar, mendekorasi makeldud. Mereka berkreasi bersama-sama saling bekerjasama untuk menghiasi makeldud sesuai kreatifitas anak.


Hasil makeldud kelompok dua dengan Tema Tanaman Obat


L.    REFLEKSI DARI KEGIATAN MAKELDUD

Refleksi dari anak didik untuk kegiatan makeldud




Tidak ada komentar:

Posting Komentar