MAKELDUD (Mading Kelas Dua Dimensi) MENAMBAH MINAT BACA SISWA
A. Latar
Belakang Masalah
Program Makeldud merupakan program yang berdampak pada murid. Makeldud
merupakan sebuah akronim dari Mading Kelas Dua Dimensi. Kegiatan makeldud merupakan
program yang bisa diintergrasikan dengan muatan pembelajaran yang ada di
sekolah.
Kurangnya
minat baca anak. Selain
itu jiwa kreatifitas, rasa percaya diri, rasa kebersamaan dengan teman, anak-anak
juga berkurang, juga kemampuan kognitif
(berpikir), afektif (watak&perilaku), dan psikomotorik berkurang. Dikarenakan lamanya anak
tidak turun sekolah disebabkan oleh pandemi covid-19. Menjadi perhatian penulis
untuk bisa membangkitkan semangat siswa-siswi disekolah. Sehingga membuat penulis untuk mencari program yang bisa membuat
anak kembali lagi mencintai budaya membaca, menambah jiwa kreatifitas mereka,
menambah kepercayaan diri, dan bisa melakukan kerjasama dengan teman lainnya, diharapkan
juga kedepannya anak
bisa terlatih untuk bisa menulis, juga meningkatnya kemampuan kognitif (berpikir), afektif
(watak&perilaku), dan psikomotorik, selain itu belajar berorganisasi dan
menjadi pemimpin.
Program yang direncanakan merupakan program yang berdampak pada murid, yang kedepannya bisa menjadi pengalaman bagi anak dan menjadi program rutin di sekolah.
B.
Jenis Kegiatan
Kegiatan
yang dilakukan berdampak pada siswa adalah MAKELDUD (Mading Kelas Dua Dimensi).
C.
Tujuan dan Sasaran
Tujuan dari
kegiatan MAKELDUD adalah melatih anak untuk lebih mencintai literasi, menambah
pengetahuan anak, membuat anak lebih kreatif, melatih anak berorganisasi,
melatih anak dalam hal menulis, melatih anak untuk bisa kerjasama dengan
temannya, dan melatih anak lebih percaya diri. Selain itu juga mengembang kemampuan kognitif
(berpikir), afektif (watak&perilaku), dan psikomotorik. Dengan
tujuan yang didapat dari program MAKELDUD, sehingga kegiatan ini sangat baik
untuk kita laksanakan.
Sasaran pelaksanaan kegiatan ini adalah siswa kelas Vb di SD Negeri 018 Balikpapan Tengah sebanyak 21 orang. Semoga kedepannya semua murid kelas tinggi yang ada di SDN 018 Balikpapan Tengah.
D.
Manfaat Kegiatan
Manfaat penulisan pratik baik dari kegiatan MAKELDUD adalah :
1. Melatih anak untuk lebih mencintai
literasi.
2. Menambah minat baca
3. Menambah pengetahuan anak.
4. Membuat anak lebih kreatif.
5. Melatih anak berorganisasi.
6. Melatih anak dalam hal menulis.
7. Melatih anak untuk bisa kerjasama
dengan temannya.
8. Melatih anak lebih percaya diri.
9.
Mengembang kemampuan
kognitif (berpikir), afektif (watak&perilaku), dan psikomotorik.
E.
Hasil AKSI NYATA
Hasil yang dapat
dilaporkan dari praktik baik ini diuraikan sebagai berikut:
1.
Meminta
izin kepada kepala sekolah untuk program kegiatan yang berdampak pada murid.
Kegiatan Makeldud direncanakan akan dilaksanakan sebulan sekali.
2.
Program
dilaksanakan secara luring, pada saat anak turun ke sekolah, karena sudah
diizinin anak bersekolah dengan pertemuan tatap muka terbatas.
3.
Program makeldud dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas 5b
SDN 018 Balikpapan Tengah.
4.
Kegiatan
makeldud dilakukan dengan cara membagi 2 kelompok dari jumlah siswa-siswi yang
ada di sekolah.
5. Setiap kelompok menentukan sendiri tema yang akan mereka angkat menjadi madingnya. Dengan cara musyawarah antar kelompok dan dilanjutkan lagi di wa group kelompoknya.
6. Pembagian tugas untuk pembuatan materi yang sesuai tema didiskusikan anak lewat wa group.
7. Bahan
untuk materi dekorasi mading disiapkan anak dari rumah dan disekolah guru juga sudah
menyiapkan bahan lain untuk dekorasi makeldud.
8. Waktu pelaksanaan dijadikan dua kali. Kelompok pertama dilaksanakan pada tanggal 19-10-2021 dan kelompok kedua melaksanakan kegiatannya pada tanggal 25-10-2021.
9.
Waktu
pelaksanaannya pada saat anak tatap muka di sekolah.
10.
Semua
anak saling bekerjasama dan saling membantu dalam membuat mading tersebut. Ada
yang menggunting, ada yang mengelem, dan ada juga yang mendekorasi.
11. Hasil karya anak berupa mading diminta ibu kepala sekolah untuk ditempel di papan mading sekolah, secara bergantian ditampilkannya.
F. Perasaan Ketika atau Setelah
Menjalankan Aksi Nyata
Kegiatan membuat makeldud merupakan kegiatan pertama
bagi anak didik kami. Perasaan sangat bahagia karena kegiatan ini direspon baik
bukan hanya dari anak sendiri tetapi juga dari pihak sekolah dan orang tua
murid yang mendukung kegiatan makeldud. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang
berdampak positif bagi anak didik.
G.
Pembelajaran
Yang Didapat dari keseluruhan pelaksanaan Aksi Nyata
Banyak sekali pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan Akis nyata ini. Ada masalah dan juga keberhasilan. Semua menjadi satu cerita yang sangat menarik.
Masalah yang dihadapi saat melakukan aksi nyata dan menjadi sebuah pembelajaran adalah siswa masih baru dalam kegiatan ini. Sehingga pembuatan makeldud ini merupakan pengalaman pertama mereka. Awalnya mereka masih malu memberikan ide dan pendapat, karena sudah lama mereka sesama teman sekelas tidak saling menyapa, jadi seperti teman baru lagi. Disebabkan karena adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan anak didik melakukan pembelajaran secara daring.
Keberhasilan yang didapat saat melaksanakan kegiatan aksi nyata adalah terwujudnya satu persatu manfaat dari adanya kegiatan makeldud bagi anak didik yang ada di Sekolah. Seperti anak sudah mulai lebih mencintai literasi, anak menjadi lebih tahu tentang tema yang diangkat, anak menjadi lebih kreatif, anak mulai belajar berorganisasi, anak mulai belajar dalam hal menulis, anak dapat kerjasama dengan temannya, dan melatih anak lebih percaya diri. Selain itu juga mengembang kemampuan kognitif (berpikir), afektif (watak&perilaku), dan psikomotorik. Minat baca anak mulai tumbuh terlihat dari makeldud yang di pajang papan mading, dibaca oleh anak.
H. Rencana Perbaikan Untuk Pelaksanaan di masa Depan
Yang harus diperbaikin di masa depan adalah sasarannya agar lebih diperluas bukan hanya anak kelas 5b saja yang menjadi sasaran. Tetapi juga semua anak kelas tinggi (kelas 4, 5,6 ) yang ada di SDN 018 Balikpapan Tengah. Selain itu makeldud ini bisa menjadi kegiatan yang konsisten dilaksanakan dan menjadi budaya di SDN 018 Balikpapan Tengah.
Agar murid lain juga mau melaksanakan makeldud jadi harus sosialisasi tentang kegiatan makeldud. Memberikan penjelasan tentang makeldud dan tahapan pembuatannya. Selain itu agar timbul rasa percaya diri pada anak, dengan memberikan semangat dan dukungan bahwa mereka bisa membuat mading hasil karyanya mereka sendiri.
I. KESIMPULAN
Kegiatan Makeldud merupakan kegiatan yang
berdampak pada murid. Dimana sebagai calon guru penggerak harus terus berusaha melakukan
aksinya secara konsisten. Semua itu dilakukan agar tercipta pembelajaran yang
berdampak pada murid yang menyenangkan sesuai dengan kodrat alam dan kodrat
zaman anak. Sehingga nantinya terwujud Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan
siswa-siswi di SDN 018 Balikpapan Tengah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar